Hukum Menonton Film BF Menurut Islam, Beserta Dalil Lengkap

  • Whatsapp
hukum menonton film bf menurut islam
hukum menonton film bf menurut islam

Membahas syariat hukum menonton film bf menurut islam haruslah disampaikan dari banyak pendapat ulama, juga dalil-dalilnya.

Sebelum saya membahas lebih lanjut, saya harus menjelaskan lebih dahulu sedikit tentang film bf.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Film BF?

BF pada film bf memiliki arti blue film atau film biru. Bagaimana maksudnya?

Jadi blue film itu adalah istilah lain dari film dewasa. Sebuah tontonan yang secara khusus untuk orang dewasa dan sama sekali bukan untuk anak-anak.

Tapi sebenarnya film ini bukan untuk orang dewasa juga, hanya istilah saja sebenarnya untuk membuat larangan bagi anak kecil.

Blue film adalah film tidak senonoh yang tidak seharusnya ditonton oleh siapapun manusia di dunia. Penayangannya pun sudah ilegal menurut hukum.

Pemerintah sudah berupaya untuk memblokir situs yang menyediakan seperti ini.

Oke, sekarang mari kita bahas tentang hukum menonton film bf menurut islam juga dalilnya.

Dalil Sekaligus Pendapat Tentang Batasan Antara Lelaki Dan Wanita

Kita mulai dari hal yang paling remeh dulu, yaitu aurat. Pada dasarnya seorang muslim itu tidak boleh menampakkan auratnya dan tidak juga melihatnya.

Perintah untuk menutupi aurat itu ada banyak, termasuk antara lain khusus untuk pria dan wanita muslim.

Menutupi Tubuh Bagi Wanita

أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (QS al-Ahzab: 59).

sumber : darulfaqih.com

Ini adalah untuk para wanita, mereka harus menutupi seluruh tubuhnya kecuali hanya wajah juga telapak tangannya.

Sedangkan untuk para lelaki, ujian terberatnya ada pada mata dan pikirannya.

Menjaga Pandangan Bagi Pria

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30)

Sumber : darulfaqih.com

Ghodul Bashor adalah perintah yang jelas untuk para lelaki, yaitu menjaga pandangannya. Menjaga terhadap apa memangnya?

Tentu saja menjaga dari hal-hal yang tidak seharusnya terlihat oleh para lelaki, seperti aurat pada wanita. Jadi saat melihat sesuatu yang tidak sepantasnya kita lihat, yang harus kita lakukan adalah menunduk dan beristighfar.

Setelah itu kita akan membahas ini dengan cabang zina. Memangnya ada hubungannya?

Oooh tentu ada, karena efek akhir dari menonton film seperti ini biasanya berujung pada zina. Sedangkan larangan untuk zina itu sangat ketat, yaitu janganlan kita mendekat zina.

Dilarang mendekati Zina

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’: 32)

Sumber : rumaysho.com

Mendekatinya pun tidak boleh, apalagi melakukan zina itu sendiri. Sedangkan menurut banyak ulama menonton hal-hal seperti ini sudah termasuk mendekati zina.

Menjaga kemaluan kita adalah salah satu keharusan dalam beragama. Mencari-cari apapun selain dengan cara yang halal, adalah salah.

Menjaga Kemaluan

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (29) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (30) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ

Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-Ma’arij: 29-31).

Sumber : rumaysho.com

Menjaga kemaluan berarti menjaga syahwat dan hawa nafsu kita dalam berperilaku, jangan sampai melewati batas.

Oke, sudah cukup di dalilnya, sekarang kita beralih ke hukumnya.

Hukum Menonton Film BF Menurut Islam

apa hukum menonton film bf menurut islam

Menonton tontonan tidak senonoh seperti ini seringkali memiliki akibat pada banyak hal. Rasanya tidak mungkin jika hanya menonton, kemungkinan untuk berakibat lebih buruk juga ada, seperti:

  1. Membayangkan hal yang tidak-tidak dan merusak otak pada akhirnya
  2. Bermain sendiri
  3. Melakukan hal-hal seperti pelecehan dan sebagainya
  4. Menghantarkan kita pada zina pada akhirnya

Seringkali kita mengada-ada alasan untuk menghalalkan menonton film bf ini, misalnya seperti ini.

Sepasang suami istri yang sedang berhubungan jarak jauh, mereka tidak bisa saling menggauli satu sama lain. Dan pada akhirnya salah seorang diantara mereka menonton film dengan alasan untuk memuaskan nafsunya.

Begitu juga dengan para anak muda yang masih belum mampu menikah, mereka beralasan daripada berzina lebih baik nonton.

Bukan seperti itu cara kerjanya, mempelajari hukum itu harus benar-benar dikupas tuntas. Jangan sampai kita berpendapat sendiri dan sampai menghalalkan hal-hal yang sebenarnya itu salah untuk terjadi.

Bahkan ada juga yang berpendapat tidak apa-apa menonton asalkan kita tidak bangkit syahwatnya. Mana ada kejadian seperti itu, ya kan?

Melihat para dalil dan pendapat yang ada, kita sudah bisa menyimpulkan 1 hal, benar bukan? Saya yakin kita sudah sepakat dan sependapat untuk hal ini.

Jika membandingkan antara manfaat dan mudharratnya, maka hukum untuk menonton film semacam bf menurut dalam islam menurut saya adalah HARAM.

Menurut saya apapun alasannya, sudah banyak dijelaskan bahwa kegiatan menonton film bf ini melanggar banyak hukum.

Hukum menonton film bf menurut islam saat biasa saja sudah haram, apalagi saat puasa.

Bagaimana jika menurut pendapat teman-teman? Apakah ada yang memiliki pendapat lain? Bisa disampaikan di kolom komentar yaa. Tenang saja, tinggal isi nama yang bukan nama asli.

Lalu masih ada pertanyaan seperti ini:

Saya kan masih muda dan belum mampu menikah, apa yang harus saya lakukan supaya tidak terjerumus dalam hal ini?

Naah, karena kita sudah selesai membahas hukumnya menurut saya, sekarang kita akan membahas solusi.

Cara Menahan Diri Dari Menonton Film BF Menurut Islam

Zina adalah istilah yang dilakukan jika berhubungan itu dilakukan diluar ikatan yang halal seperti pernikahan. Maka dari itu solusi utama dan yang paling benar adalah dengan menikah.

Menikah selain memenuhi separuh agama kita, menikah juga membuat kita bisa melampiaskan syahwat dengan halal. Bukan hanya menyenangkan, tapi juga berpahala.

Bagi yang belum menikah, tenang saja, ada solusinya kok. Agama kita memiliki banyak ibadah, yang mana setiap ibadah adalah obat bagi segala penyakitnya.

Obat untuk syahwat yang berlebih adalah dengan berpuasa. Benarkah begitu? Mari kita lihat hadits berikut.

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah (kemampuan untuk menikah), maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhari, no. 5065; Muslim, no. 1400)

Sumber : rumaysho.com

Jadi untuk para muda mudi yang belum mampu untuk menikah, dan memiliki nafsu yang menggebu-gebu, berpuasalah.

Dengan berpuasa syahwat kita akan tertahan, apalagi jika kita padukan dengan banyak hal baik seperti membaca al-quran.

Sekian pembahasan dari Kak Iqbal tentang apa hukum menonton film bf menurut islam. Jadi saya disini hanya memberikan banyak dalil serta penjelasan yang berujung pada pendapat saya sendiri.

Jika ada yang ingin disampaikan, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *