3 Contoh Makanan Awetan Dengan Cara Pasteurisasi Adalah Ini Jawabannya

  • Whatsapp
contoh makanan awetan dengan cara pasteurisasi adalah
contoh makanan awetan dengan cara pasteurisasi adalah

Contoh makanan awetan dengan cara pasteurisasi adalah makanan yang bertahan lama biasanya, lebih lami dari makanan sejenisnya.

Sebelumnya perkenankan saya menyapa teman-teman para pembaca setia, bagaimana kabarnya? Baik kan?

Bacaan Lainnya

Haha, saya juga baik, selamat datang di pembahasan contoh makanan awetan dengan cara pasteurisasi.

Jadi kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman terutama yang lagi sibuk dengan soal di makanan awetan.

Jika di sekolah dasar (SD), ini masuk kedalam kategori pelajaran IPA. Tapi jika di SMA seharusnya materi ini masuk ke pelajar biologi kalau tidak salah.

Oke, sebelum memulai saya ingin membahas dulu tentang apa sih pasteurisasi itu? Apakah teman-teman sudah tahu?

Definisi Proses Pasteurisasi

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan dengan suhu tertentu yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang merugikan. Seperti apa itu?

Contohnya seperti bakteri, protozoa, kapang, dan sebagainya. Dengan hilangnya bakteri ini diharapkan makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa lebih terjaga kesehatannya.

Selain menjaga memurnikan makanan dan minuman kita, proses pasteurisasi ini juga bisa membuat makanan dan minuman kita lebih awet.

Kenapa bisa begitu? Karena sebenarnya pembusukan itu terjadi karena adanya bakteri. Dengan berkurangnya bakteri tadi, proses pembusukan akan terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama.

Jadi sebenarnya tujuan utamanya bukanlah pengawetan, tapi pembunuhan mikroorganisme jahat yang terkandung dalam makanan dan minuman kita.

Bagaimana sampai sini, sudah mulai masuk kan?

Sekarang kita akan membahas tentang contoh makanan dan minuman awetan dengan cara pasteurisasi.

3 Contoh Makanan Awetan Dengan Cara Pasteurisasi

Tidak semua makanan bisa diawetkan dengan cara pasturisasi. Hanya makanan dan minuman yang kita rasa memiliki bakteri saja yang cocok untuk di pasteurisasi.

Susu

"<yoastmark

Susu itu adalah produk paling umum yang melalui proses pasturisasi. Karena susu yang asli itu memiliki banyak bakteri, maka harus melewati proses pemanasan dahulu sebelum siap dikonsumsi.

Proses pemanasan itu pada umumnya ada 2, yaitu pasteurisasi dan UHT. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Proses pemanasan susu pasteurisasi tidak lebih panas dari UHT, bahkan ibu rumah tangga pun bisa melakukan pasteurisasi. Tapi jika UHT atau Ultra High Temperature ini harus melewat sebuah proses dengan alat khusus.

Lebih baik mana, pasteurisasi atau UHT? Tentu saja kita harus lihat dari berbagai sisi, seperti gizi, ketahanan, dan sebagainya. Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk, kembali kepada kita lagi.

Jus Buah Kemasan

jus buah kemasan pasteurisasi
jus buah kemasan pasteurisasi

Ada yang tahu merek jus buah dalam kemasan, biasanya tersedia di supermarket. Buah itu pada dasarnya adalah bahan alami yang memiliki waktu cukup pendek hingga bisa membusuk.

Tapi pada jus buah kemasan, mereka bisa bertahan lama, bagaimana? Tentu karena melewati proses pasteurisasi. Selain (mungkin) memakai pengawet, minuman dalam kemasan itu bisa juga melewati proses pasteurisasi.

Makanan Kalengan

makanan kaleng awet pasteurisasi
makanan kaleng awet pasteurisasi

Sama seperti jus buah kemasan tadi, makanan kalengan itu sebagian besar juga melewati proses ini.

Contoh saja seperti daging kalengan kornet, ikan kalengan, jamur kalengan, dan sebagainya.

Maka dari itu pada dasarnya sebagian besar makanan kalengan itu bisa langsung dimakan. Karena sudah melewati proses pemanasan yang cukup, makanan kalengan ini tidak benar-benar mentah.

Bagaimana teman-teman, sudah terjawab kan pertanyaannya?

Akhir Kata Contoh Makanan Awetan Dengan Proses Pasteurisasi

Sebelum saya tutup, saya mengucapkan terimakasih banyak karena sudah mampir disini. Saya akhiri pembahasan tentang contoh makanan awetan dengan cara pasturisasi ini.

Jika ada yang masih kebingungan, atau ingin minta contoh lagi, bisa langsung sampaika di kolom komentar yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *