√ Contoh Kewajiban Anak di Rumah Adalah Sebagai Berikut

  • Whatsapp
contoh kewajiban anak di rumah adalah
contoh kewajiban anak di rumah adalah

Jika kalian bertanya tentang contoh kewajiban anak di rumah adalah apa? Maka perlu kita ketahui bahwa banyak sekali kewajiban seorang anak.

Selama ini kita fikir bahwa selama masih anak-anak, tidak ada kewajiban sama sekali untuk dilakukan, benar bukan? Padahal ada sangat banyak sekali keharusan bagi seorang anak terhadap orangtuanya. Apa saja itu?

Bacaan Lainnya

Langsung saja ya saya jelaskan tentang beberapa contoh kewajiban anak di rumah.

Contoh Kewajiban Anak di Rumah Adalah

Seorang anak memang tidak wajib untuk mengerjakan tugas yang berat-berat, karena tanggung jawab tersebut masih dipikul oleh kedua orang tua kita.

Maka dari itu ada 2 tanggung jawab utama bagi seorang putra atau putri, yaitu membantu dan menjaga diri sendiri. Contohnya seperti berikut:

  1. Membantu membersihkan rumah
  2. Membantu memasak
  3. Bangun tidur sendiri
  4. Merapikan tempat tidur sendiri
  5. Pulang tepat waktu
  6. Tidak membuat orang tua khawatir
  7. dan banyak hal kecil lainnya

Kurang lebih seperti ini harusnya yang harus dilakukan oleh seorang anak terhadap orang tuanya selama berada di dalam rumah. Yaa walaupun ada beberapa kewajiban untuk dimanapun kita berada.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah kebanyakan dari mereka terlalu bersantai terhadap kehidupannya, merasa masih kecil dan tidak memiliki tanggung jawab apapun.

Hal ini haruslah dimusnahkan dari pemikiran kita, karena walau hal sekecil apapun, tetapi tetap ada kewajiban yang harus kita penuhi sebagai seorang anak.

Dan yang terakhir adalah seorang anak, tak peduli masih kecil ataupun tidak, tak peduli di rumah atau di luar, ada 1 hal yang menjadi kewajiban sampai akhir zaman.

Apakah itu? Tentu saja harus berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti ini bisa kita contohkan dalam banyak hal, contohnya seperti ini:

  1. Berkata yang sopan, gunakan kalimat ajakan yang baik saat merayu
  2. Tidak menggunakan bahasa yang buruk
  3. Patuh saat orang tua meminta bantuan, hindari tolakan
  4. Menghargai orangtua dalam apapun, misalkan saat masakannya kurang enak
  5. Menyayangi saudara, yang kandung maupun tidak
  6. Mencintai kedua orang tua, dalam keadaan sehat maupun sakit
  7. Tidak perlu menunggu diminta, tapi lebih banyak berinisiatif

Untuk berbakti itu tidak ada alasan untuk tak melakukannya. Bahkan jika kita sudah tua pun, dan orang tua masih hidup, maka tetap menjadi tanggung jawab kita untuk menyayanginya.

Juga bersikap terbuka pada orang tua kita, mengatakan semuanya termasuk cerita pengalaman pribadi yang baik maupun buruk. Karena dengan bersikap terbuka, orang tua akan menjadi lebih tidak khawatir.

Sekian Dari Saya

Akhir kata, jadi untuk teman-teman yang memerlukan jawaban dari contoh kewajiban anak di rumah adalah apa, maka bisa langsung lihat list jawaban yang saya berikan.

Karena saya melihat bahwa soal dengan nuansa seperti ini akan banyak muncul di ujian anak sekolah. Bahkan saya dahulu mungkin pernah mengalaminya, maka dari itu saya ingin berbagi.

Terimakasih teman-teman, semoga ilmu ini bermanfaat dan berguna bagi banyak orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *