Verifikasi Centang Biru Instagram Dengan 2 Langkah di 2021, Mau Tahu?

  • Whatsapp
cara verifikasi centang biru instagram
cara verifikasi centang biru instagram

Menjadi verified atau memiliki verifikasi centang biru di instagram itu sebenarnya cukup mudah, hanya ada 2 syarat wajib untuk bisa terverifikasi. Walaupun yaa bisa syarat ini cukup berat untuk dilakukan, tapi kemungkinan berhasilnya cukup tinggi untuk sebagian besar orang.

Centang biru sendiri adalah sebuah kebanggaan bagi banyak orang, terutama pemilik akun instagram yang memiliki tujuan untuk sesuatu. Seperti para Influencer atau orang-orang yang memiliki pengaruh dalam suatu massa (biasanya memiliki followers yang cukup banyak). Ada juga para pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya, membuat banya orang lebih percaya kepada bisnisnya.

Bacaan Lainnya

Apa Sih Kegunaan Memverifikasi Akun Instagram Kita?

Sebenarnya banyak sekali kegunaannya, seperti beberapa contoh yang saya sampaikan diatas. Untuk seorang influencer misalnya, dengan centang biru maka influencer tersebut akan jauh lebih bisa dipercaya. Bahkan tanpa centang biru pun dia sudah menjadi seorang influencer, apalagi dengan centang biru? Bisa jadi apapun yang dia katakan akan sangat berarti bagi para audiens nya.

Juga dengan adanya centang biru, berarti pihak instagram telah percaya pada kita untuk mengemban tanggung jawab yang besar. Dia bisa mendapatkan endorse yang lebih banyak, karena para klien sudah percaya dengan influencer tersebut.

Sedangkan untuk pemilik bisnis, mereka akan dengan sangat mudah melebarkan sayapnya karena sudah memiliki portofolio yang bagus. Misalkan bisnis tersebut mencari investor atau klien, akan jauh lebih mudah dengan terverifikasinya akun instagram.

Memang Sepenting Itu Mencapatkan Verifikasi Centang Biru di Instagram Kita?

Tentu lah penting sekali. Karena memang tidak mudah untuk bisa mencapai level kepercayaan dimana kita bisa disetujui oleh pihak instagram ini. Sekarang memang insatagram hanyalah salah satu media sosial dari sekian banyak, ratusan, mungkin ribual media sosial lain. Tapi instagram ini sudah menempati urutan nomor 7 di media sosial paling populer loh.

Pihak instagram, yang telah dibeli oleh perusahaan facebook pada tahun 2012 ini melakukan pemeriksaan yang cukup ketat pada proses verifikasi akun instagram. Dan lagi kali ini staff instagram sendiri yang melakukan proses verifikasi secara manual.

Memangnya Ada Verifikasi Lain yang Menggunakan Bot?

Oooh, aada dong!! Banyak proses verifikasi lain di instagram selain centang biru, mungkin kita tidak sadar saat itu. Tapi proses-proses terkecil pun akan memerlukan verifikasi, sebagai contoh :

  1. Proses Verifikasi Konten Postingan
    Saat kita mengunggah sebuah postingan berupa apapun itu (gambar ataupun video), itu pihak instagram melakukan proses verifikasi singkat. Berupa apa? Berupa proses dibalik layar sesaat setalah kita mengunggah gambar.
  2. Proses Verifikasi Login
    Contoh kedua, saat kita melakukan login misalnya. Instagram akan langsung membaca banyak informasi dari kita, seperti saja ip perangkat kita dan ip internet kita. Ip perangkat kita digunakan untuk membaca informasi apakah perangkat itu pernah digunakan untuk login sebelumnya. Sedangkan untuk ip internet ini akan digunakan untuk melihat apakah jaringan kita itu aman.
  3. Proses Verifikasi Iklan
    Terakhir ada di saat kita beriklan di instagram. Mungkin beberapa belum pernah melakukan, tapi bakal tak ceritain disini. Jadi saat kita beriklan di instagram, ada proses terakhir sebelum iklan itu active, yaitu proses verifikasi

Okee okee, sekarang sudah faham kan? Bahwa ternyata instagram melakukan banyak sekali proses verifikasi itu, yang kita sadari dan tidak kita sadari. Pihak instagram bisa saja menolak proses verifikasi atau memberikan catatan khusus, mau tahu contohnya?

Nih misalkan kita mengunggah konten yang berbau kekerasan ke instagram, maka secara otomatis akan muncul peringatan. Biasanya sih kalau berbahasa inggris bakalan berbunyi “Sensitive Content, This video may contain graphic or violent content“.

Semua ini harusnya sudah tercantum kok di Panduan Komunitas Instagram lengkap dengan petunjuknya, do n don’t nya, beserta aturan secara umum.

Lamaaa, Balik Topik Dong !!

Hahahaha, yasudah markikemtop (mari kita kembali ke topik)

Banyak memang yang membagikan cara untuk bisa mendapatkan verifikasi, tapi belum benar-benar ada yang proven kan? Sampai berbusa mereka ngomong tapi pas banyak orang mulai melakukannya, kemungkinan berhasilnya masih kecil (alias yang melakukan kebetulan aja berhasil)

Tapi kali ini langsung bakalan tak bagikan caranya mendapatkan verifikasi centang biru instagram dengan mudah, walaupun di eksekusinya sedikit susah.

Kak Iqbal mulai dari persyaratannya dulu yaa, cekidottt

2 Syarat Wajib Akun Untuk Verifikasi Centang Biru di Akun Instagram Kita

Okee, banyak diluar sana para agensi internet marketing yang sudah terbukti melakukan proses verifikasi ini, tapi tentu saja bahwa keberhasilan itu berpola. Dan kami sudah mempelajari bagaimana caranya mendapatkan kemungkinan yang cukup tinggi dalam proses verifikasi instagram.

  1. Memenuhi Syarat Minimal Konten & Akun
  2. Pernah Memasuki Media Nasional/Internasional (minimal 4x)

1. Syarat Minimal Konten & Akun

Yang pertama ini bisa dibilang syarat yang cukup dasar, karena walaupun terbilang mudah, tapi jangan sampai tertinggal. Mau tahuu apa aja?

  1. Pertama jelas bahwa akun instagram kita harus memiliki minimal 1 postingan. Karena secara terang-terangan pihak instagram menyampaikan bahwa untuk menampilkan badge biru itu kita minimal memiliki 1 postingan aktif.
  2. Kedua, akun instagram kita haruslah akun bisnis. Jadi mulai dari awal kita memiliki haruslah sudah menjadi akun bisnis, dan tidak boleh berubah menjadi personal account bahkan sampai proses verifikasi selesai. Kalau influencer bagaimana? Yaa kita akan memakai creator account, tapi sekali lagi bukan personal account.
  3. Terakhir adalah setting akun harus public. Jangan pernah sekali-kali mem-private akun instagram kamu saat proses dan setelah proses verifikasi centang biru.

Naah untuk syarat pertamanya cukup mudah kan? Tapi kunci rahasia sebenarnya ada di konten ke 2, apa itu?

2. Minimal Pernah 4x Memasuki Media Nasional/Internasional

Ini yang orang harus sering perhatikan, mereka pikir hanya dengan tanda pengenal bisa langsung mendapatkan verifikasi centang biru di instagram. Padahal salah besar, termasuk mengira bahwa jumlah followers akan berpengaruh, sekali lagi itu adalah salah besar.

Untuk benar-benar membuktikan bahwa kita, entah sebagai manusia ataupun sebagai perusahaan, memiliki kredibilitas, maka kita perlu masuk media nasional. Ini adalah cara termudah bagi instagram untuk melakukan proses verifikasi apakah akun ini benar-benar asli dan memiliki kredibilitas.

Banyak agensi yang tersebar mematok harga sekitar 40-100 juta untuk proses verifikasi, tapi biasanya mereka mengajukan syarat yaitu “MINIMAL PERNAH 4x MASUK MEDIA NASIONAL”. Tahu kan kenapa? Karena dengan konten media nasional itu, kita bisa dengan mudah mendapatkan verifikasi centang biru di akun instagram kita.

Bisa dibilang bahwa instagram bisa melakukan proses verifikasi secara manual, dengan kita mengunggah berkas resmi kita. Tapi itu akan memerlukan waktu yang cukup lama, dan proses verifikasi yang seperti ini biasanya memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya.

Masuk media nasional itu akan sangat susah jika kita tidak menjadi penulis di media tersebut, mau tahu gimana caranya?

Cara Masuk Berita Media Nasional

Untuk cara ini karena cukup berat sampai bisa masuk ke media nasional, maka akan langsung tak tawarin aja jasa untuk masuk ke media nasional ini. Aku sendiri mengenal banyak orang yang bisa membantu memasukkan press release atau berita temen-temen ke media nasional ternama di Indonesia. Mau tahu kann?? Langsung aja ke sini :

Cara Masuk Berita Media Nasional, Seperti Tempo, Liputan 6, BBC, Elshinta, Topreneur, dll.

Okee, sekarang kita mulai membahas ke teknis tentang bagaimana sebenarnya caranya, menu apa yang harus kita buka di instagram jika kita menginginkan ini.

Cara Verifikasi Centang Biru Instagram Di Android & Iphone

Caranya cukup mudah kok, langsung ikuti aja yaa

  1. Buka profil kalian, lalu pilih 3 garis di pojok kanan atas
  2. Pilih Setting atau Pengaturan
  3. Lalu Pilih Account atau Akun
  4. Setelah Itu Pilih Request Verification atau Minta Verifikasi
  5. Isi Data Diri dengan Sangat Lengkap

Naah sekarang akan kukasih panduan yaa, bagaimana cara mengisi data diri di verifikasi centang biru instagram.

Cara Isi Data Verifikasi Centang Biru Instagram Dengan Benar

  1. Username itu akan otomatis terisi sendiri, jadi tidak usah fokus kesitu
  2. Full Name itu harus terisi dengan nama lengkap kita, jika memang kita sebagai influencer maka masukkan nama lengkap sesuai ktp. Jika kita sebagai perusahaan, coba masukkan nama pt atau organisasi yang menaunginya.
  3. Known As atau di Bahasa Indonesia itu, diketahui sebagai. Kolom ini silahkan isi nama panggilannya, misalkan saya Muhammad Iqbal biasa dan familiar mendapat panggilan “Kakak”.
  4. Category ini berisi kategori yang menjadi pengelompokan akun kita. Jika kita seorang influencer, maka pilih aja influencer. Jika kita seorang pemilik bisnis, atau mewakili suatu usaha, bisa pilih brand/organization.
  5. Attach Photo inilah yang akan kita input dengan media yang telah kita kumpulkan tadi, kita bisa memberikan berupa link atau berupa screenshot dari press release yang sudah ter ekspos upload ke media tadi.
  6. Send, terakhir ini klik send atau kirim

Biasanya setelah proses ke 6 ini akan muncul sebuah kegagalan, atau halamannya tidak berubah, atau dia loading terus. Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya kita tinggal menghapus aja aplikasi instagram kita dan mengosongkan semua cache yang tersisa. Lalu kita download lagi dan ulangi proses verifikasi sampai muncul seperti gambar berikut :

syarat verifikasi centang biru instagram

Biasanya sih akan memakan waktu antara 1 minggu sampai dengan 3 minggu kerja untuk proses verifikasi manual dari tim staff instagram. Jadi kita harus tetap bersabar dan lebih baik menunggu saja, karena jika kita kesusu atau terburu-buru, hasilnya juga akan mentah.

Bagaimana Jika Gagal?

Jika gagal gimana? Tenaaang, kita akan selalu mendapatkan kesempatan sekali setiap 30 hari (tapi jangan berfikiran gagal yaa, supaya berhasil terus)

Naah inilah akhir perjalanan kita, semoga teman-teman mendapatkan manfaat dan segera centang biru bersama-sama. Bagi yang sudah berhasil dengan cara ini, bisa langsung kasih kabar di kolom komentar

Pos terkait