Cara Setting Yoast SEO Plugin Edisi 2021 Versi KakakIqbal (Tutorial WordPress)

  • Whatsapp
cara setting yoast seo
cara setting yoast seo

Tutorial WordPress: Cara Setting Yoast SEO Plugin (Update 2021) – Sebuah plugin yang mendapat julukan sebagai Plugin SEO WordPress Terbaik ini tercipta karena pemikiran jenius dari penemunya, Joost De Valk.

Jadi Plugin Yoast SEO ini terbit pada tahun 2006 dan menjadi salah satu pendukung paling besar yang ada di WordPress. Yoast SEO ini juga disebut sebagai software Search Engine Optimization terbaik.

Bacaan Lainnya

Rasanya kurang sah kalau membangun sebuah website dengan cms wordpress tanpa plugin SEO, dan menurut saya plugin paling cocok dan klik adalah Yoast ini.

Memang ada beberapa pilihan lain seperti All-In-One SEO dan banyak lainnya, tapi ntah kenapa rasanya paling klik aja pakai Yoast.

Menggunakan Plugin Yoast SEO ini sebenarnya cukup mudah, tapi membutuhkan pengaturan yang benar. Disini saya bakal ngebahas caranya setting Plugin Yoast SEO terbaik menurut Kakak Iqbal.

Jadi sebenarnya ada 3 bagian yang harusnya dipelajari untuk bisa mencapai tingkatan tertinggi dalam plugin yoast seo. Pertama adalah bagaimana men-setting plugin ini.

Termasuk bagaimana caranya menaruh Accelerated Mobile Pages (AMP) di dalam Yoast agar halamanmu bisa lebih cepat dibuka di Handphone.

Kedua adalah cara riset kata kunci yang akan kalian ubah menjadi artikel di website kalian dan membantu usahamu dalam setting yoast SEO plugin. Riset kata kunci ini nggak sembarangan, nanti saya akan sharing cara riset yang benar.

Dan terakhir adalah cara posting di blog kalian dibantu dengan setting Plugin Yoast SEO ini dengan benar. Termasuk saya bakalan bantu kalian untuk optimasi websitemu dengan Google Search Console dan Rich Snippet.

Tutorial WordPress: Cara Setting Yoast SEO Plugin (Update 2021)

Jadi ini adalah tutorial full tentang cara setting plugin Yoast SEO mulai dari install, cara menggunakan sampai rekomendasi dari saya.

Pasang telinga baik-baik karena memang harus bener-bener didengerin dan disimak sampai habis.

Jika sudah memiliki plugin ini, tolong di update sampai ke versi terakhir. Dan jika memang belum mempunyai plugin ini, ikuti langkah berikut:

Login ke dashboard wordpress kalian → Plugins → Add New → Tulis Yoast SEO di kolom pencarian → Klik Install → Klik Activate

Jadi secara perlahan, akan ada beberapa step atau langkah yang akan kita lewati. Mohon seimak dengan perlahan dan pasti, jangan sampai ketinggalan satu langkah pun.

Mungkin banyak yang penasaran apa aja sih isinya? Yuk disimak

  1. General Yoast SEO
  2. Search Appearance Yoast SEO
  3. Social Yoast SEO
  4. Tools Yoast SEO
  5. Yoast PREMIUM
  6. Accelerated Mobile Pages (AMP)
  7. Sharing Setting KakakIqbal.com
  8. Riset Kata Kunci
  9. Lampu Hijau di Yoast SEO
  10. Struktur Website

1. Pengaturan di General Yoast SEO

A. Tab Dashboard

setting dashboard tab
setting dashboard tab

Yang perlu diperhatikan dari tab dashboard yoast seo ini hanyalah di notifikasi, jadi kita bisa memilih untuk meng-enable akan auto update atau ndak.

Kelebihannya mengaktifkan auto update adalah kita bisa langsung mendapatkan fitur terbaru begitu ada update terbaru.

Tapi kekurangannya adalah, saat plugin yoast ini update, website kita akan masuk ke maintenance mode. Apa itu? Website kita tidak bisa di akses selama beberapa saat.

Jadi saran saya adalah untuk menonaktifkan auto update, kita bisa update kapanpun kita mau. Dan pada akhirnya maintenance mode yang terjadi hanyalah sesaat, dimana kita melakukan update ke semua plugin kita.

B. Tab Features

setting features tab
setting features tab

Okee ini mungkin agak membingungkan, saya coba jelaskan satu persatu ya

SEO analysis

SEO analysis ini berfungsi sebagai indikator SEO yang akan muncul di setiap kita akan mengupload postingan kita.

Jadi nanti ada 3 lampu yang akan membantu kalian memahami apakah tulisanmu itu sudah memenuhi kaidah SEO untuk kata kunci yang kalian kejar.

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

Readability analysis

Naah ini yang menarik perhatianku saat ini. Dulu waktu saya baru bermain SEO, setting readability analysis ini belum mendukung Bahasa Indonesia. Emang readability analysis ini ngapain sih?

Okee, jadi readability analysis adalah fitur dari Yoast SEO yang berfungsi untuk menilai tulisan kita dari sisi kenyamanan membaca.

Readability analysis ini akan menilai penggunaan kata kita, penggunaan kalimat kita, dan sebagainya sehingga memunculkan nilai berupa 3 lampu (hijau, kuning, merah)

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

Cornerstone content

Sebelum memahami kegunaan fitur ini, kita harus tahu dulu struktur artikel yang benar dalam sebuah website.

cornerstone content adalah
cornerstone content adalah

Jadi cornerstone content adalah tingkatan tertinggi dalam sebuah kategori artikel, biasanya cornerstone content ini memiliki kata kunci/keyword yang susah dan sangat competitive.

Dari artikel yang menggunakan longtail keyword, itu di link kan menuju kata kunci yang lebih susah, dan akan berakhir di sebuah cornerstone content tadi.

Cornerstone content ini biasanya paling susah untuk di-rank kan di google. Tapi sekalinya cornerstone content kita masuk ke halaman 1 minimal, itu kita sudah mendapatkan banyak limpahan traffic.

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

Text link counter

Text link counter adalah fitur dari Yoast SEO yang berfungsi untuk menghitung berapa kata di page kita yang memiliki hyperlink.

Kita harus mengetahui berapa banyak hyperlink yang terkandung di page kita supaya kita sadar penggunaannya. Karena hyperlink yang terlalu banyak dalam sebuah page itu bisa dianggap spam oleh google.

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

XML sitemaps

XML sitemaps adalah pemetaan atas website kita. Hal ini sangat dibutuhkan untuk proses crawling google, atau proses pembacaan struktur website kita. Goal akhirnya adalah membuat website kita masuk ke halaman pencarian google.

Memang banyak pilihan untuk membuat sitemap, tapi fitur dari yoast ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kriteria google. Nantinya file XML ini akan diinputkan ke halaman google search console.

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

Admin Bar Menu & Security

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

Usage Tracking

Usage tracking adalah sebuah fitur yang akan mengirimkan data secara otomatis ke pihak yoast untuk pengalaman yang lebih baik, katanya begitu. Tapi saya sendiri tidak menyukainya, saya lebih suka dengan privasi yang terjaga.

Saran saya untuk yang satu ini : MATIKAN (OFF)

REST API & Enhanced Slack Sharing

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

C. Tab Integrations

setting tab integrations
setting tab integrations

Setting integrations ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh mau di on kan atau di off kan jika kita tidak memakai semrush ataupun ryte. Karenanya saya sarankan untuk di on kan saja, tidak ada ruginya juga kok.

Saran saya untuk yang satu ini : AKTIFKAN (ON)

D. Tab Webmaster Tools

setting webmaster tools
setting webmaster tools

Inilah tab yang paling krusial setting Yoast SEO, karena di tab ini kita mendaftarkan website kita ke google. Dari tab ini kita bisa membuat halaman website kita muncul di google.

Bisa dilihat bahwa Yoast memberikan banyak kolom untuk setiap search engine atau mesin pencari. Kita bisa memakai semua, atau hanya yang menurut kita ramai saja.

Kalau saya sendiri hanya memakai google, karena persaingan yang tak pelajari dari dulu itu adanya di google.

Tapi seperti Bing dan Yandex (Mesin pencari terbesar di rusia) ini bisa juga dipakai, walaupun sedikit orang Indonesia yang memakainya.

Ada banyak sekali cara untuk mendaftarkan website kita ke google search console, salah satunya dengan memakai bantuan dari Yoast SEO.

2. Pengaturan di Search Appereance Yoast SEO

A. Tab General

setting search appereance tab general
setting search appereance tab general

Tak jelaskan satu-persatu yaa karena ini mungkin hal baru buat temen-temen.

Title Separator

Title separator adalah sebuah setting untuk mengatur default separator, atau biasa disebut pemisah yang muncul di halaman pencarian google. Gampangnya bisa dilihat di gambar berikut, supaya lebih jelas

contoh search appereance dan title separator

Saya memakai title separator tipe garis tiny dot atau titik kecil, karena menurutku tipe ini sangat minim makan tempat, sehingga saya bisa memiliki slot lebih banyak untuk SEO.

Homepage

Di bagian homepage ini berisi 2 unsur penting, yaitu SEO Title dan Meta Description. Jadi jika page kita bukan terdiri dari static page, alias homepage bawaan, maka kolom SEO Title ini perlu diisi dengan judul yang nantinya akan muncul di halaman pencarian google.

Dan Meta Description ini akan menjadi keterangan yang nantinya juga akan muncul di halaman pencarian google.

Memang ini bisa ter-auto generate, tapi baiknya jika kita isi sendiri supaya bisa lebih menargetkan kata kunci yang kita inginkan.

B. Tab Content Types

setting content types yoast

Di tab content types ini kita tidak perlu merubah apapun, kecuali memastikan yang saya lingkari lingkaran merah itu di set ke “yes”.

Tapi untuk struktur seo title, slug, dan meta, kita tidak usah merubah apapun karena toh pada akhirnya kita akan setting manual.

Jadi setting struktur ini akan menjadi default saat kita tidak men-setting apapun terhadap SEO title, slug, dan meta description. Tapi pada kenyatannya semua itu akan kita isi secara manual karena bisa lebih custom nantinya.

C. Tab Media

Pada tab media ini kita hanya perlu men-set kan settingan tersebut ke “yes”, supaya halaman media itu tidak pernah ada, dan pengunjung akan langsung terlempar ke media tersebut.

D. Tab Taxonomies

Di taxonomies ini kita membahas tentang susunan default dari 4 hal yang jarang kita perhatikan struktur SEOnya. Apa saja itu?

Yaitu categories, tag, format, dan topics (jika model web kaloan adalah news). Kita jarang memperhatikan struktur SEO di hal-hal seperti ini.

Saran saya disini kita hanya perlu mengubah bahasa saja, bisa menggunakan settingan saya sebagai berikut.

setting taxonomies yoast

Saya tidak merubah apapun selain hanya mengartikan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Karena yang awalnya “archive”, bahasa itu sangat tidak familiar dengan orang-orang Indonesia.

Siapa yang tahu kalau itu adalah tag? Dan siapa juga yang tahu kalau itu adalah kategori, jika semua tulisannya “archive”.

Maka dari itu saya mengganti ke bahasa lokal, dan ini meningkatkan SEO dengan sangat bagus. Karena meningkatkan user experience alias pengalaman pengguna.

Pengguna kita yang lokal akan lebih nyaman dengan bahasa yang mereka fahami.

E. Tab Archives

Setting archives di Yoast ini tergantung masing masing dari kita aja. Contohnya seperti “author” atau penulis, si Yoast ini menawarkan apakah kita ingin memasukkan halaman penulis ke google.

Kalau saya pribadi suka melakukannya, dan kita tinggal meng-iya-kan saja.

Lalu ada date archives, kalau ini syaya baru memberi saran untuk memilih Non-Aktifkan.

Karena jika kita mengaktifkan date archives ini, website kita akan memunculkan pengelompokan post berdasarkan tanggal. Sedangkan saya adalah tipe orang yang selalu memperbarui postingan saya.

Terakhir ada yang namanya “special pages”, alias halaman spesial. Untuk ini saran saya kalian tinggal mengganti bahasanya, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. sama seperti di tab taxonomies.

F. Tab Breadcrumbs

Sebelum saya menjelaskan caranya setting yang baik, akan saya jelaskan apa itu breadcrumbs.

Breadcrumbs adalah label navigasi yang berguna untuk membuat pengunjung lebih faham tentang struktur artikel kita. Juga membuat crawl google lebih mudah membaca website kita.

Biasanya breadcrumbs ini adanya di atas sebelum post kita, diatas judul utama atau H1 halaman paling atas.

Cara setting breadcrumbs di yoast wordpress ini tidak perlu rumit-rumit, biarkan saja seperti pada awalnya. Tinggal kita mengubah bahasa ke bahasa yang lebih lokal.

Tapi untuk lebih detailnya, akan saya jelaskan satu persatu mulai dari Breadcrumbs Settings.

cara setting breadcrumbs yoast wordpress
cara setting breadcrumbs yoast wordpress

Breadcrumbs settings

Pertama-tama ubahlah bahasanya ke Indonesia, itu wajib. Tapi untuk archives sendiri karena jarang muncul, lebih baik biarkan saja.

Kedua kalau saya pribadi lebih suka untuk “bold the last page”, karena memudahkan pengunjung untuk memahami posisi mereka saat ini.

Taxonomy to show in breadcrumbs for content types

Naah untuk yang kedua ini unik, dulu ini belum ada. Jadi untuk memudahkannya akan saya beri contoh 2 breadcrumbs yang menggunakan settingan ini dan tidak.

Jika sebuah website memiliki artikel dengan judul “cara setting yoast seo” den memiliki kategori “internet marketing” misal. Lalu dia menonaktifkan setting ini, yang muncul adalah:

Home » Cara Setting Yoast SEO

Tapi jika dia mengaktifkan setting show in breadcrumbs tersebut, akan munculnya seperti ini:

Home » Internet Marketing » Cara Setting Yoast SEO

Seperti itu bedanya, untuk SEO jelas bagus yang bawah tapi kita akan kembali ke user experience dan selera masing-masing. Silahkan kalian memilih lebih suka yang mana untuk setting ini.

Content type to show in breadcrumbs for taxonomies

Tidak usah diperhatikan setting ini, karena hanya membuat kebingungan.

How to insert breadcrumbs in your theme

Kalau ini jelas dong, setting terakhir untuk mengaktifkan breadcrumbs di theme kita. Percuma kita dari tadi mengotak-atik breadcrumbs tapi tidak diaktifkan, yakan? 😀

Last but not least di sesi breadcrumbs ini, kalian juga bisa mengaktifkan breadcrumbs secara manual jika ternyata Yoast tidak bekerja. cCaranya gimana?

Cukup ikuti langkah ini, yaitu menuju ke Editor → Index.php dan paste kode dibawah ini setelah get_header();

GET_HEADER(); ?>
<DIV ID=”PRIMARY”>
<?PHP IF ( FUNCTION_EXISTS(‘YOAST_BREADCRUMB’) ) {
YOAST_BREADCRUMB(‘<P ID=”BREADCRUMBS”>’,'</P>’);
} ?>
<DIV ID=”CONTENT” ROLE=”MAIN”>

G. Tab RSS

Di RSS Feed mu inilah yang akan muncul sebelum dan sesudah setiap konten yang ada di websitemu.

%%BLOGLINK%%
%%BLOGDESCLINK%%

%%POSTLINK%%
%%AUTHORLINK%%

Dan kita tidak perlu merubah apapun di halaman RSS ini.

3. Pengaturan Social Yoast SEO

A. Tab Accounts

Mungkin banyak yang bertanya, apa gunananya share link disini? Apakah postingan kita nanti akan otomatis ter-share di media sosial? Apa link media sosial kita ini akan ditampilkan?

Jadi begini, sebenarnya setting Accounts ini untuk “recognoize”. Jadi Yoast memiliki entah kerjasama atau integrasi dengan para search engine yang membuat dia bisa memberikan info lebih ke search engin tersebut.

Bingung? Hahaha yasudah saya jelaskan lebih lanjut.

setting social yoast
setting social yoast

Jadi gini, dengan kita memasukkan semua link media sosial yang ktia miliki, plugin Yoast ini akan membantu memberitahukan ke search engine. Jika dengan bahasa kita mungkin seperti ini:

Hey google, ini loh media sosial yang dimiliki website ini. Jadi informasinya akan saling terkait.

Terus kita dapat keuntungan apa? Dengan recognize dengan sosial media ini, google akan lebih tahu “topik” dan “tema” dari website kita. Apalagi jika website kita masih baru.

Apakah membantu SEO? Tentu sangat membantu haha.

Jadi saran saya dipenuhi yaa, siapkan semua media sosial dengan lengkap dan isi datamu disini.

B. Tab Facebook, Twitter, & Pinterest

Jadi di 3 tab ini makna utamanya sama, yaitu melakukan setting tentang Opengraph.

Opengraph metadata adalah setting untuk mengatur preview default dari link websitemu yang di share ke media sosial.

Misalkan ada orang yang share halaman website kalian, nanti gambar yang akan muncul adalah gambar default yang  tersetting disini.

Enaknya setting ini adalah kalian bisa mengatur secara custom gambar yang akan muncul, juga title dan description. Biasanya sih muncul secara otomatis atau auto generate, tapi kalian bisa atur untuk menarik perhatian para pembaca.

4. Pengaturan Tools Yoast SEO

A. Import and Export

Menu import dan export ini digunakan untuk mengimport setting Yoast dari satu website ke website lainnya. Misalkan nih kalian punya 10 website, masa iya mau setting satu persatu. Kan nggak ya :D.

Maka dari itu menu import dan export ini digunakan, caranya sebagai berikut:

Cara Export Setting
Klik import and export → Export settings → Export your Yoast SEO settings → Copy semua kode → Simpan di notepad kalian

Cara Import Setting
Klik import and export → Import settings → Paste kode export kalian → Import settings

B. File Editor

Beberapa developer website merasa harus mengedit file penyusun website secara manual, dan mereka harus masuk ke control panel atau cpanel.
Tapi Yoast menyediakan fitur berupa file editor, dimana kalian bisa langsung mengedit file penyusun seperti .htaccess dan robots.txt tanpa perlu ke cpanel.

C. Bulk Editor

Saat ada penggantian struktur website atau kita merasa telah melakukan kesalahan yang besar, sehingga perlu perubahan massive, maka fitur ini sangt berguna.

Kalian bisa merubah SEO Title dan Meta Description tanpa harus membuka satu persatu postingan.

Tampilannya nanti akan berupa semua postingan dan halaman yang pernah kita buat, ntah di publish atau masih draft.

D. Optimize SEO Data

optimize seo data yoast wordpress
optimize seo data yoast wordpress

Fitur ini memastikan website kalian sudah memiliki data yang teroptimasi. Kalian hanya perlu memastikan bahwa tulisan “SEO data optimization complete” ini muncul terus.

Jika nanti ada masalah, notifikasi akan muncul di bagian dashboard SEO pada halaman awal.

5. Yoast Premium

Plugin Yoast SEO ini menyediakan fitur premium bagi yang menginginkan lebih banyak tambahan keuntungan.

Harganya cukup murah kok hanya 89$ per tahun untuk 1 website, atau sekitar Rp 1.300.000,- (cek google dollar hari ini). Fiturnya cukup banyak kok dan worth it.

Tapi saking bagusnya Yoast ini, bahkan tanpa premium pun bisa membawa website kita ke halaman 1 google. Asal dengan pengaturan yoast yang benar.


Sekian ini cara setting plugin Yoast SEO di wordpress versi KakakIqbal.com update 2021. Tapi karena saya lagi berbahagia, jadi akan saya tambahkan beberapa tips untuk membuat websitemu muncul di halaman pertama.

Ada beberapa plugin tambahan untuk mendukung SEO mu.

Mau tahu? Markimul (Mari Kita MULAI hahaha)

6. Percepat Websitemu di Mobile dengan Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated mobile pages (AMP) adalah fitur untuk mempercepat loading website saat pembaca membuka di mobile (handphone, smartphone, tablet).

AMP memiliki tampilan khusus yang friendly dengan mobile, sehingga user experiencenya akan lebih nyaman.

Seperti namanya, plugin ini membuat halaman website kita menjadi lebih cepat saat dibuka dari Mobile.

Petunjuk Penggunaan

  1. Install plugin AMP by Automattic di wordpressmu
    • Plugins → Add New → Tulis Yoast SEO di kolom pencarian → Klik Install → Klik Activate
  2. coba tambahkan ‘ /?amp=1 ‘ di akhiran websitemu, nanti akan kelihatan pluginmu bekerja atau nggak

Atau kalau mau lengkapnya bisa baca-baca langsung atau tulis di kolom komentar. Bisa juga langsung hubungi saya japri, nanti insyaAllah langsung saya balas.

7. Gunakan Setting yang Sama dengan KakakIqbal.com

Seperti yang saya ajarin diatas, pergi ke SEO → Tools → Import And Export → Import. Tapi sebelum itu, download dulu file setting yoast SEO plugin wordpress ini yaaa.

Setting ini sudah lumayan lama dipake sendiri, jadi mungkin sekarang saya bisa beramal baik dengan bagi-bagi ke kalian :).

Silahkan bisa di download (Klik Disini: Last Updated 10 April 2021)

Setelah di export nanti tetap kita harus mengisi beberapa kolom. Tapi hanya sedikit kok, dan itupun hanya kolom-kolom yang personal seperti media sosial.

8. Setelah dari Plugin, Sekarang Kita Belajar Riset Keyword atau Kata Kunci

Setelah setting Yoast dengan benar, apakah kita langsung berada halaman 1? Tentu tidak, kita harus menulis dengan indah dan memenuhi kaidah SEO.

Dimulai dari meriset kata kunci yang jeli, menulis memenuhi kaidah, sampai fitur lainnya yang mendukung.

Jangan pernah berpikir bahwa kalian tahu keyword yang bagus tanpa riset, susah bro cari keyword bagus. Kecuali kalian udah bertahun-tahun kerja di google sebagai peneliti algoritma nya, maka kalian boleh kira-kira.

  • Temukan Long-Tail keyword, jangan merasa hebat dan memakai keyword yang pendek dan kompetitif, gunakan tool Google Autocomplete, Google Keyword Planner, dan Google Allintitle.
  • Temukan frasa dari keyword tersebut dengan jenis longtail keyword.
  • Cek volume google, cari keyword dengan volume pencarian yang banyak.
  • Cek kompetisi pemakai keyword tersebut di google.
  • Tulis artikel yang layak dan memberikan informasi penting bagi para pembaca.
  • Lakukan ini secara terus menerus untuk melatih feelingmu terhadap kompetisi keyword.

A. Google Autocomplete (Riset Kata Kunci Panjang)

contoh google autocomplete
contoh google autocomplete

Yang jelas di Google Autocomplete ini, kalian bisa dengan mudah mencari kata kunci yang long-tail.

Nomor satu adalah kita wajib menggunakan google chrome, dan pergi ke search settings dan centang bagian “never show instant results”.

Ntar kalian bakal dapet 10 suggest dari google, tidak seperti biasanya yang hanya beberapa. 🙂

Sekarang coba pergi ke google.com terus tuliskan keyword yang mau kita tembak, biasakan untuk menambahkan garis bawah untuk mendapatkan frasa (_).

Biasanya semakin panjang keyword yang kita tembak, semakin gampang menuju halaman satu. Long-tail keyword biaanya terdiri dari 3 sampai 6 kata.

contoh google autocomplete dengan garis bawah
contoh google autocomplete dengan garis bawah

Untuk melihat lebih banyak, kalian bisa ganti pake kata yang mirip-mirip. Misalkan saat mencari ‘yoast’ sama ‘yoast seo’ itu sudah berbeda.

contoh google autocomplete dengan kata tambahan
contoh google autocomplete dengan kata tambahan

Nggak harus dengan garis bawah, kalian juga bisa menulis kata yang belum lengkap, contohnya ‘pel‘, nanti bakal muncul banyak variasi, PELajaran, PELatihan, PELikan dan banyak yang lainnya.

Sama seperti di google, Youtube juga bisa di SEO kan dengan cara riset keyword yang sama. Ada beberapa tool untuk bisa dipake untuk membantu riset kita.

B. Google Keyword Planner (Mengetahui Volume Pencarian)

Setelah melakukan beberapa aksi melelahkan, yaitu nulis satu persatu kata kunci yang kita cari dengan bantuan google Autocomplete, sekarang kita cek volume.

Apakah cek volume itu? Jadi kita akan memeriksa apakah kata kunci tersebut ada yang mencari.

Kan kalo nggak ada nanti jadinya percuma dong, buang-buang WTU (Waktu Tenaga Uang) hahaha.

Caranya gimana? Okee langsung aja ya saya jelaskan:

  1. Login ke google keyword planner (nanti masuknya akan ke google ads)
  2. Cari logo kunci inggris di pojok kanan atas
  3. Cari “Keyword Planner”
  4. Ketikkan kata yang kalian cari di google autocomplete tadi
  5. Search
contoh keyword planner
contoh keyword planner

Bisa dilihat bahwa kata kunci yang saya gunakan memiliki volume kan? Jika sampai muncul angka 0 maka jangan digunakan, nanti akan sedikit yang mencari.

C. Google Allintitle (Cek Kompetisi di Google)

Terakhir setelah menemukan kata kunci yang mau kalian tembak, sekarang kita cari apakah banyak pemakai kata kunci tersebut. Caranya gimana, kita gunakan allintitle.

Allintitle adalah fitur dari google yang membantu kita mencari website yang menggunakan kata kunci persis seperti itu.

Langkahnya tinggal buka google search dan cari:

Allintitle:KATA KUNCI KALIAN

google allintitle
google allintitle

Nanti kalian akan melihat “About”. Setelah kata about ini akan muncul angka pengguna kata kunci tersebut. Cara membacanya adalah seperti ini:

Berarti pada kata kunci cara setting yoast seo itu memiliki 328 pengguna. Maka kompetitor saya adalah 328 website berbeda.

Begitu caranya, apakah teman-teman sudah faham sampai sini?

9. Meng-Optimasi Lampu Hijau di Plugin Yoast SEO di WordPress

Sebelum lanjut ke langkah ini, kalian harus bisa menemukan kata kunci yang bagus untuk artikelmu. Baru kalian bisa melanjutkan membuat artikel dan menuju SEO onpage versi Yoast ini.

Memang banyak kriteria untuk mencapai lampu hijau di Yoast ini. Soalnya yoast memang mengutamakan SEO agar bisa langsung muncul di halaman satu search engine.

Lebih gampang begini, coba kalian cari kata kata kunci yang cocok, lalu cek siapa yang nomor satu. Setelah itu kalian buat artikel yang lebih bagus dan lebih panjang dari artikel milik si nomor 1. Dengan begitu, kalian bisa lebih berkompetisi dengannya.

Jangan lupa satu lagi, karna kalian terlalu mengincar lampu hijau di Yoast, kalian sampai lupa tentang tampilan artikel.

Kalian mengisi judul sembarangan, tulisannya tidak nyambung, kacau balau dan lain lain. Jangan sampai lah, kalian juga harus bikin artikel yang bermutu, google itu tahu artikelmu yang bermutu.

Di Yoast yang free version, kalian hanya bisa memakai 1 kata kunci. Tapi kalo kalian sudah punya yang premium, kalian bisa memakai maksimal 5 kata kunci kalau tidak salah.

Naah, tapi jangan pernah beli yang premium kalau emang tidak berhasil di 1 keyword.

Kalian harus uji kanuragan dulu sebelum menuju ke keyword selanjutnya. Juga harus belajar menulis konten yang bagus dan bermutu, penting bangetlah pokoknya itu, sama pentingnya dengan optimasi on-page SEO.

Tadi kan saya sarankan untuk cari frasa kata kunci yang banyak. Itu gunannya untuk memperkaya keyword dan mencegah keyword stuffing.

Yoast itu hanya memperhatikan keyword utama, jadi dia tidak tahu frasa atau sinonim. Nanti biasanya lampunya merah, tapi nggakpapaa. 🙂

UPDATE 2021: Yoast SEO Sudah Mengerti Bahasa Indonesia

Kabar terbaru ternyata mengerti bahasa Indonesia, jadi kita mendapatkan fitur lebih haha (FYI aja sih)

Saya sarankan untuk mengubah bahasa setting wordpress ke bahasa Indonesia agar bisa lebih memahami indikator yang terdapat pada Yoast SEO.

Dengan merubah bahasa ke Indonesia, setting Yoast SEO pun bisa dilalui dengan cara yang lebih mudah.

Saya berikan tips lainnya yaitu utamakan untuk mentarget halaman lain kalau memang website kalian dibuat untuk tujuan itu, seperti;

  • Homepage
  • Halaman jualan kalian (produk dll)
  • Artikel lain
  • Tujuan lain yang utama di website

Jangan sampai kalian membuat link ke halaman yang tidak berguna untuk di SEO seperti berikut:

  • Kontak
  • Pengurus
  • Halaman utama Blog (yang berisi banyak preview artikel)
  • dan halaman tidak berguna lainnya

Nah sekarang saya kasih contoh untuk lampu hijau dari Yoast yang bagus, segera bikin postingan baru di website kalian dan lakukan sampai begini:

lampu hijau yoast seo wordpress
lampu hijau yoast seo wordpress

Buat Page Title Menarik

Selain mencantumkan kata kunci ke judul halaman, kalian harus bisa membuat orang memperhatikan judul tersebut. Supaya setelah mereka melihat judulnya, mereka mau melakukan ‘klik’ ke judul tersebut.

Jangan hanya mementingkan SEO dan SEO terus, buat senatural mungkin.

URL atau Slug

Untuk slug atau url ini silahkan isi dengan secukupnya asal mengandung kata kuncinya. Tapi tetap buatlah senatural mungkin, karena google tidak suka sesuatu yang secara sengaja kita lakukan.

Jangan sampai slug kalian terlalu panjang juga yaa.

Perhatikan Keyword Density

Keyword density adalah prosentase kalian mengulang-ulang kata kunci di sebuah artikel. Jadi untuk artikel SEO, kita harus mengulang-ulang kata kunci yang kita kejar.

Jangan hanya kata kunci utama, karena google akan menganggap sebagai keyword stuffing, tambahkan juga kata kunci frasa atau sinonim.

Keyword density saran saya berada di angka 0,5%-1% saja. Jadi setiap 150 kata artikel yang kalian tulis, berikan 1 kata kunci utama.

Untuk kata kunci turunan atau LSI, silahkan bisa diberikan yang relevan beberapa. Tapi jangan terlalu banyak.

Alt Text Pada Gambar

contoh alt text
contoh alt text

Google tidak bisa membaca makna dari gambar kita. Maka dari itu kita harus menambahkan yang namanya “alt text” saat upload gambar.

Alt text adalah kata-kata yang kita berikan pada google untuk menjelaskan maksud dari sebuah gambar.

Dari setiap halaman yang kalian upload, pastikan paling tidak 1 diantaranya memiliki alt text berisi kata kunci utama.

Optimasi Gambar, Jangan Terlalu Besar Ukurannya

Bukan hanya ukuran file, tapi ukuran dimensi juga harus diperhatikan. Setiap kali kalian mau upload gambar ke postinganmu, usahakan selalu di compress secara online melalui compressjpeg.com untuk format .JPEG dan .JPG.

Sedangakan untuk format .PNG bisa melalui compresspng.com. Untuk cek apakah ada gambar yang belum kalian optimasi, bisa lewat Google Pagespeed Insight.

Bermain dengan Internal dan External Link

Google sangat sendang dengan link juice, atau kita melempar-lempar robot google dari satu halaman ke halaman lainnya.

Kita harus bisa membuat halaman website kita menjadi sambung-menyambung menjadi satu (udah kaya lagi aja ya haha :D). Jadi membuat halaman website kita menjadi berantai dengan internal link.

Saat kalian membuat suatu postingan, maka cobalah untuk membuat link ke postingan lain. Hal ini disebut dengan internal link.

Lalu, apa itu external link? External link adalah link keluar dari website kita. Untuk apa kita link keluar, masa mengarahkan pembaca keluar?

Naah sabar dulu. Jadi link keluar ini digunakan untuk membuat robot google bisa memahami tema dan topik dari artikel kita.

Contoh saja membuat artikel tentang sepatu merah, maka coba link ke wikipedia tentang penemu sepatu. Link ke salah satu halaman tentang apa itu sepatu.

Kreatiflah dengan SEO Title

SEO title adalah tampilan pertama dari pencarian orang di google. Yang pertamakali orang lihat adalah SEO title, sebelum mereka membaca slug dan deskripsi.

SEO title ini adalah judul yang muncul di google, jadi kalian harus membuatnya semenarik mungkin dengan mengandung kata kunci.

Tapi jangan terlalu panjang, karena nanti bakalan tidak muncul di halaman pencarian google.

Bukan hanya dalam pencarian kata kunci utama yang kalian incar, tapi kita juga harus memikirkan tentang branding. Misalkan seperti website ini, saya tambahkan ” |KakakIqbal.com ” di belakang SEO title biasanya.

Supaya dapat sekalian mem-branding website ini.

Meta Description

Meta description adalah deskripsi yang akan muncul di halaman google. Google bisa saja mengisi secara otomatis di kolom meta description ini.

Tapi kalian harus mengisi ini untuk mengatur kekuatan SEO, jangan sampai tidak diisi dan akhirnya membuat google memakai paragraf dari artikel kalian secara otomatis.

Jangan Tulis Artikel yang Pendek

Di Plugin Yoast SEO sudah disebutkan bahwa minimal penulisan artikel adalah 300 kata, tapi sebenarnya itu adalah angka yang sangat kecil untuk SEO.

Kalau kalian mau berkompetisi dengan cukup mudah, coba saja buat sekitar 1000 sampai 4000 kata. Google secara tidak langsung ternyata menyukai artikel yang panjang dan menarik.

Cobalah untuk membahas sebuah topik sampai ke akar dan intinya. Jadi kalian bisa jabarkan penjelasan dari awal dengan pembukaan, sampai dengan pembahasan dan penutupan.

Optimasi dengan Media Sosial di Artikelmu

Tambahkan tombol bagikan sekarang atau apapun yang berhubungan dengan ‘membagikan’ di sosial media. Karena google juga akan menilai itu, semakin banyak share dari artikel maka akan semakin menarik di mata google.

Cobalah Untuk Menggunakan Rich Snippet

Tampilan yang biasa saja di google sudah terlalu umum dan terlalu banyak. Kalian harus bikin varian lain! Pernah tidak kalian melihat bintang review di halaman google?

Naah itu termasuk salah satu cara memperkaya snippet kita. Contohnya seperti ini:

contoh rich snippet
contoh rich snippet

Dengan adanya benda aneh-aneh di snippet kita dan banyak tipe data lainnya, kita bisa mendapatkan CTR yang lebih tinggi. Banyak kok plugin untuk rich snippet seperti WP Rich Snippet dan juga All In One Schema.org.

Coba Masukkan Beberapa Kata Kunci yang Berhubungan (LSI)

Misalkan kalian sudah selesai dengan artikel yang memiliki satu kata kunci, cobalah untuk menambahkan kata kunci kedua di beberapa bagian artikel tersebut.

Berikan juga alt text di gambar kedua untuk kata kunci kedua, dengan begitu google makin melihat relevansi halamanmu.

Kata kunci tambahan atau LSI ini berfungsi untuk memberitahukan ke robot crawl tentang tema besar dari artikel ini. Tentang hal-hal yang berkaitan di artikel ini.

10. Struktur Halaman Website yang Ter-Optimasi dengan Bagus

Mengambil rujukan dari Backlinko, bahwa optimasi SEO itu lebih dari sekedar membuat artikel kita penuh dengan lampu hijau.

Cobalah melakukan sesuatu yang baru, jangan terlalu terpaku pada aturan yang mengikat dan tak beralasan.

Lampu hijau bukan segalanya, mari kita coba untuk menambahkan gambar yang sedikit menarik tanpa harus mengkhawatirkan SEO mu.

Gimana menurut kalian mengenai artikel ini? Menarik dan gampang kan untuk eksekusinya?

Ayo langsung di praktek-kan di rumah, nanti untuk hasilnya bisa diskusi di kolom komentar yaa. Bisa juga japri, komentar aja nanti saya kasih nomor wa saya haha.

Saya sangat berterimakasih untuk para pembaca yang telah turut serta di website ini, terimakasih banyak. 🙂

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *