Apa Itu Base Transceiver Station (BTS)? Definisi, Fungsi, dan Jenis

  • Whatsapp
apa itu base transceiver station
apa itu base transceiver station

Ilmu jaringan mengharuskan kita bertanya tentang apa itu base transceiver station atau BTS?

Perkembangan jaringan komunikasi di negara kita tercinta ini sangat pesat beberapa waktu ini. Semua perangkat yang kita pakai membutuhkan teknologi jaringan yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Jika kita bertanya sebenarnyasinyal telfon itu larinya kemana sih?

Apakah ke satelit yang ada di luar angkasa, lalu kembali lagi ke bumi? Tentu akan jauh sekali. Dan pada akhirnya akan terjadi proses delay.

Jika memang begitu, kenapa ada istilah sinyal baik dan sinyal buruk? Bukannya semua orang harusnya mendapatkan kualitas yang sama jika langsung ke satelit?

Karena yang sebenarnya terjadi bukanlah seperti itu. Jaringan telefon yang ada pada perangkat kita, tidak dilarikan ke satelit yang jauh di luar angkasa.

Lalu kemana?

Maka dari itu hadirlah namanya Base Transceiver Station, atau stasiun pemancar.

Apa Itu Base Transceiver Station?

BTS atau base transceiver station adalah stasiun pemancar yang berfungsi untuk menerima gelombang radio dan mengirimkannya kembali.

Semua perangkat komunikasi kita membutuhkan gelombang radio untuk bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya. Tapi gelombang radio tersebut tidak langsung terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu membutuhkan BTS. BTS ini adalah unsur yang sangat penting untuk keberlangsungan proses komunikasi. Mari kita simulasikan saja.

Saat kita mencoba menelepon seorang kerabat kita yang nun jauh disana misalkan, itu akan membutuhkan penghubung antara aku dan dia. Penghubung ini berupa gelombang yang akan dipancarkan oleh telepon genggam kita.

Setelah memancar, gelombang ini akan menuju ke BTS terdekat untuk kemudian dipantulkan lagi ke perangkat kerabat kita. Barulah setelah beberapa saat, telepon kerabat kita akan berdering karena ada panggilan masuk.

Kurang lebih begitu prosesnya. Jadi tidak sampai keluar angkasa dan menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa melakukan panggilan.

Perangkat Apa Saja yang Memakai BTS?

Pasti kalian mengira bahwa bts ini hanya dipakai oleh telepon saja kan? Tentu saja tidak, banyak perangkat yang membutuhkan pemancar ini. Gelombang radio adalah gelombang yang paling umum

  1. Telepon rumah
  2. Telepon genggam (smartphone)
  3. dll

Apakah Sama Antara BTS Dengan Tower BTS?

Disinilah terjadi banyak kesalah kaprahan dari para masyarakat, yaitu tentang BTS dengan towernya.

Base transceiver station adalah sebuah perangkat besar yang memiliki banyak perangkat-perangkat lain sebagai penyusunnya. Yang mana salah satunya adalah tower itu sendiri.

BTS adalah keseluruhan rangkaian dari mulai yang menempel di tanah sampai dengan yang berada di ujung paling tinggi.

Dari sinilah muncul istilah sinyal bagus dan sinyal jelek. Karena semakin banyak tower BTS, maka semakin mudah kita untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

Tapi jika jauh dari tempat kita berada, misalkan di sebuah pedesaan di pelosok, maka akan susah untuk mendapatkan sinyal. Karena sinyal yang dipancarkan perangkat kita harus melalang buana untuk mencari BTS terdekat.

Tower ini pun memiliki banyak variasi tergantung tempat tower ini berada. Faktor geografi bisa sangat memengaruhi bentuk tower ini.

Jenis Tower Base Transceiver Station

Pada dasarnya ada 3 jenis untuk tower bts ini, mulai dari yang paling mahal dan besar sampai paling kecil.

Kaki 4 atau Rectangular Tower

contoh tower bts kaki 4
contoh tower bts kaki 4

Persis seperti namanya, tower ini biasanya berdiri dengan keempat kakinya. Rectangular ini adalah jenis tower bts paling besar, tingginya saja bisa mencapai 40an meter.

Tower-tower besar yang biasa kita lihat dari kejauhan itu adalah rectangular tower ini. Bisa dibayangkan saat kita berada di bawahnya, kita akan terlihat teramat sangat kecil.

Proses pembangunannya pun cukup mahal untuk 1 towernya, biasanya hanya dipakai oleh provider telepon yang cukup besar di Indonesia. Penempatannya pun biasanya berada di tempat yang paling strategis.

Kaki 3 atau Triangle Tower

contoh tower base transceriver station kaki 3 triangle
contoh tower base transceriver station kaki 3 triangle

Untuk tower kaki 3 ini berada 1 ukuran dibawah kaki 4. Sedikit lebih kecil, tapi kualitasnya tidak jauh berbeda. Coverage areanya lebih kecil daripada rectangular.

Triangle ini memiliki biaya pembangunan yang lebih murah daripada kakaknya.

Kaki 1 atau Single atau Pole (Tiang)

contoh tower bts pole
contoh tower bts pole

Untuk jenis yang terakhir ini adalah jenis yang coveragenya paling kecil. Juga tower yang paling tidak direkomendasikan. Kenapa begitu?

Karena kualitasnya jauh berbeda dibandingkan dengan 2 tower diatasnya. Kualitas penerimaannya tidak sebaik yang lainnya.

Biaya pembuatannya pun paling murah dan hanya memakan sedikit tempat. Penempatannya biasanya berada di tempat-tempat yang membutuhkan sinyal, tapi tidak memiliki luasan yang cukup besar.

Cukup sekian untuk jenis-jenis towernya, masih ada yang ditanyakan? Mungkin ada yang bertanya “kenapa tidak ada tower kaki 2?“.

Sekarang kita akan membahas lebih detail tentang sistem BTS ini. Banyak sekali perangkat penyusun dari tower ini.

Komponen / Perangkat Penyusun Tower Base Transceiver Station

Mengenali lebih dalam tentang penyusun sistem BTS ini sangat penting untuk mendalami ilmu jaringan. Apalagi jika pekerjaan kedepannya akan berhubungan dengan hal-hal yang seperti ini.

Ada 9 komponen utama penyusun tower BTS, apa saja itu?

  1. Antena Sectoral
  2. Antena Microwave
  3. Shelter
  4. Microwave System
  5. Rectifier System
  6. Baterai
  7. Tower Central
  8. Feeder
  9. Dynaspere

Antena Sectoral

Antena sectoral biasanya bertempat di ujung paling atas dari tower BTS. Fungsi dari antena ini adalah untuk menghubungkan langsung dari perangkat komunikasi yang kita pakai seperti telepon, ke BTS itu sendiri.

Antena Microwave

Pernah kah kalian melihat sesuatu yang bentuknya seperti gendang atau rebana? Hahaha, pasti dulu pernah berfikir kalau dipukul nanti bisa bunyi merdu. Sebenarnya inilah yang kita namakan dengan antena microwave, fungsinya adalah untuk menerima dan menyalurkan gelombang radio. Bisa dari BTS ke BTS atau dari BTS ke BSC.

Shelter

Bertempat di dekat tower, samping tower, biasanya berbentuk kotak. Fungsinya apa? Dari namanya saja kita sudah bisa paham bahwa fungsi utamanya adalah untuk alat penyimpanan.

Microwave System

Apakah ini ada hubungannya dengan antena microwave? Tentu saja ada. Terdapat 2 bagian yang berada di dalam dan di luar untuk sistem ini. Bagian luar atau outdoor, itu terhubung langsung ke antena microwave. Sedang yang di dalam atau indoor, itu terhubung langsung dengan sistem outdoor.

Rectifier System

Bagian ini sangat penting dan krusial, karena berfungsi untuk merubah tegangan PLN menjadi Direct Current guna dikirim langsung ke BTS.

Baterai

Hah, masa tower besar ada baterainya? Yaa jelas ada dong. Kalau terjadi pemadaman atau mati lampu bagaimana? Tower-tower seperti ini memiliki cadangan energi yang berada di dalam baterai yang cukup besar. Bisa menghidupi BTS selama ±4 jam. Maka dari itu jika terlalu lama pemadaman, kita biasanya akan kehilangan sinyal perangkat kita, benar bukan? Itu karena tower ini kehabisan energi sehingga tidak bisa menerima dan memancarkan gelombang radio.

Tower Central

Yaa tower itu sendiri bernama tower central, bersama sistem pondasi dan pelindung di sekitarnya.

Feeder

Berfungsi menyalurkan gelombang radio antara Base Transceiver Station dengan part nomor 1, yaitu antena sectoral.

Dynaspere

Pernah melihat kasus petir menyambar? Naah untuk mencegah hal seperti ini terjadi, diciptakanlah namanya dynaspere, yaitu alat untuk melindungi dari petir.

Penutup Penulis

Sekian nih dari Kak Iqbal tentang apa itu base transceiver station, gimana sudah cukup lengkap kan? Makasih banyak sudah menjadi pembaca setia dari website ini.

Kalau kalian mau coba request untuk artikel yang belum ada, atau ingin Kak Iqbal menjawab soal ujian kalian, tinggal komen aja yaa dibawah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *